Sabtu, 17 April 2021

STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK BARU

Perusahaan atau organisasi saat ini sudah semakin meningkat kesadaran nya tentang seberapa penting dan bermanfaatnya pengembangan produk atau jasa baru. Produk yang saat ini beredar di pasar menghadapi akhir tahap daur hidup produknya dan memang harus diganti dengan produk yang lebih baru.

Namun, Produk bau pun bisa gagal toal. Selain menghadapi keberhasilan, pembaharuan produk pun ditantang oleh resiko  yang tidak kalah besar. Kunci keberhasilan suatu pembaharuan terletak pada pengelolaan organisatoris yang lebih efektif dalam menangani gagasan produk baru, menyelenggarakan penelitian mendalam dan prosedur pengambilan keputusan pada setiap tahap proses pengembangan produk baru.

Proses pengembangan produk baru mencakup delapan tahap, penciptaan gagasan, penyaringan gagasan, pengembangan dan pengujian konsep pengembangan strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk, uji coba pemasaran dan kegiatan komersialisasi. Tujuan masing-masing tahap adalah tercapainya keputusan meneruskan atau membatalkan gagasan produk baru itu. Sudah wajarlah bila perusahaan ingin memperkecil kemungkinan bahwa gagasan yang lemah dikembangkan dan justru gagasan bagus ditolak.

menghadapi munculnya produk baru, konsumen bereaksi dengan kadar yang berbeda, tergantung pada karakteristik yang ada pada konsumennya sendiri atau yang ada pada produk. Pengusaha selalu berusaha melempar produk atau jasa barunya kepada pengadopsi dini yang potensial, terutama mereka yang memiliki sifat sebagai panutan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar