Minggu, 25 April 2021

STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT (PUBLIC RELATIONS)

Perusahaan menggunakan metode hubungan masyarakat (public relations) untuk menyampaikan pesan dan mencipta sikap, citra, dan opini yang benar. Hubungan masyarakat (humas) merupakan salah satu alat promosi/komunikasi yang penting. Selama ini humas tidak lebih dari alat promosi/komunikasi yang paling sedikit digunakan. Namun demikian, alat ini memiliki potensi besar untuk membangun kesadaran dan frekuensi di pasar, untuk memperkuat kembali posisi produk, dan untuk mempertahankan produk. Hubungan masyarakat (humas) sering disamakan dengan publisitas. Padahal, publisitas itu hanya merupakan bagian dari hubungan masyarakat. Publisitas merupakan aktivitas perusahaan yang dirancang untuk memicu perhatian media melalui artikel, editorial dan berita baru yang diharapkan dapat membantu memelihara kesadaran, cara pandang dan citra yang dipikirkan masyarakat terhadap perusahaan misalnya meluncurkan produk baru atau mengurangi opini negatif yang terjadi. Publisitas dapat pula digunakan untuk manfaat ganda, misalnya memperbaiki beberapa aspek dalam aktivitas perusahaan.


Banyak perusahaan menggunakan humas pemasaran (marketing public relations) untuk melakukan promosi perusahaan atau produk dan membuat citra perusahaan dan produk. Humas pemasaran mempunyai peran antara lain : 

  • Membantu peluncuran produk baru, misalnya Pantene meluncurkan produk baru Hair Fall Control untuk menjawab kebutuhan konsumen mengurangi rambut rontok karena patah, yang diklaim hingga 98% dengan pemakaian teratur selama dua bulan. pantene membagi ilmu seputar rambut rontok kepada pers yang baik untuk kasus wanita di Indonesia yang mengalami rambut rontok karena patah.

  • Membantu dalam melakukan penempatan posisi kembali produk yang sudah dewasa, misalnya yang dilakukan PT, Unilever Indonesia setelah mengakuisisi kecap Cap Bango pada 2001, Uniliver melakukan reposisi kecap Cap Bango dengan melakukan lomba masak yang melibatkan ibu-ibu rumah tangga untuk Jakarta dan Jawa Barat. Kemudian, dilanjutkan kegiatan Gerobak Sate Bango yang membidik pedagang makanan di pinggir jalan dan diteruskan Festival Jajanan Bango yang dimasukkan dalam acara televisi seperti sebelumnya yang dibawakan oleh Bondan Winarno, Ahli kuliner Indonesia. Akhirnya Kecap Cap Bango menjadi kecap dengan posisi pangsa pasar peringkat kedua.

  • Membangun minat dalam sebuah kategori produk, misalnya, Maspion mengajak untuk membeli produk buatan Indonesia.

  • Mempengaruhi kelompok target yang spesifik, misalnya Extra Joss mensponsori Qurban 2 miliar dan kemudian buka bersama dengan 600 pedagang asongan se-Jabodetabek sehingga mendapat citra baik dari umat Islam. Extra Joss saat ini menempati peringkat pertama untuk kategori minuman penambah tenaga.

  • Mempertahankan produk yang mengalami masalah di masyarakat, misalnya Lion Air yang terpuruk namanya setelah mengalami kecelakan di Solo, akan tetapi, Lion Air mampu menarik simpati kembali melalui kerjasamanya dengan Metro TV dalam membantu bencana di Aceh dengan menyediakan tempat duduk gratis bagi sejumlah penumpang yang berangkat ke Aceh dan menyediakan pesawat khusus untuk mengangkut barang bantuan ke Aceh secara gratis.

  • Membangun citra perusahaan sehingga mendukung produknya, misalnya keluarga Sosrodjojo memegang nilai luhur yang diyakini, yaitu niat baik, tidak membahayakan kesehatan manusia dan tidak merusak lingkungan hidup. Akhirnya, Soetjipto Sosrodjojo memperoleh Lifetime Achievement dalam Marketing Award, yang dapat memperkokoh merek Teh Sosro yang saat ini merupakan merek peringkat pertama kategori teh dalam kemasan.


Metode hubungan masyarakat dan publisitas yang utama adalah publikasi, kegiatan penting, sponsor kegiatan, berita, acara, kegiatan pelayanan masyarakat, media identitas perusahaan, hubungan karyawan, penempatan produk pada program acara televisi atau film dan pelayanan informasi telepon maupun internet.


Publikasi yang dilakukan perusahan bergantung pada materi yang dipublikasikan untuk menjangkau dan mempengaruhi pasar sasaran. Publikasi meliputi laporan tahunan, laporan berkala, artikel, majalah perusahaan, dan materi audiovisual. Publikasi Gaikindo lewat Internet mengenai Top Ten Indonesia Motor Vehicle Sales By Model Jan - Dec 2006.


Pemberitaan yang mendukung perusahan, produk dan orang-orangnya merupakan tugas humas. Pemberitaan dapat disampaikan melalui surat kabar, majalah, televisi, supplier, konsumen kunci atau kegiatan karyawan perusahaan. Betadine merupakan Top Brand untuk obat luka. Pemberitaan Betadine terpilih sebagai antiseptik yang digunakan NASA dalam penerbangan luar angkasa menjadikan merek ini semakin dipercaya oleh masyarakat. Demikian pula pemberitaan busi NGK menyuplai Agen Tunggal pemegang merek hampir di seluruh dunia merupakan pemberitaan yang mempunyai andil untuk menjadikan NGK menjadi Top Brand di Indonesia.


Artikel feature merupakan tulisan sampai 3000 kata yang dipersiapkan untuk manfaat atau sasaran khusus. Misalnya, perusahaan membangun fasilitas produksi yang baru agar diketahui oleh masyarakat, kamar dagang, pemerintah lokal dan perusahaan lain yang ada disekitar lokasi dengan artikel feature yang dimuat oleh media loak atau regional. Artikel feature biasanya berfokus pada implikasi atau dampak ekonomi dari tindakan perusahaan.


White Papers serupa dengan artikel feature, tetapi lebih bersifat teknis dan berfokus pada topik  yang sangat khusus yang diminati para pemegang saham perusahaan. White Papers mempromosikan sikap perusahaan pada produk penting atau isu pasar dan dapat digunakan untuk mempromosikan produk dan solusi yang dilakukan perusahaan. White Papers secara ekstensif dalam bidang teknologi informasi, yang perusahaan secara terus-menerus bekerja untuk membangun standar dan menjaganya dengan inovasi teknologi.


Kegiatan dilakukan perusahaan untuk dapat menarik perhatian konsumen terhadap produk melalui seminar. Peringatan hari jadi, pameran, kontes dan kompetisi yang menjangkau masyarakat sasaran. Betadine Fatigon melakukan kegiatan dengan tema “Spirit On The Spot” yang dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.


Sponsor digunakan perusahaan untuk memperkenalkan merek dan nama perusahaan. Perusahaan dapat mensponsori kegiatan olahraga dan buaya, baik dalam jangkauan lokal maupun internasional. Toyota mensponsori Jambore Nasional AXIC 2007 yang diadakan di Bandung.


Konferensi pers merupakan pertemuan dengan media pemberitaan untuk mengumumkan atau menanggapi suatu kejadian. Wartawan menerima undangan di suatu lokasi khusus dengan materi tertulis, foto, dari penampilan suatu produk yang diberikan kepada merek. Materi multimedia dengan kualitas broadcast kadangkala juga dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan stasiun televisi agar dapat disiarkan. Konferensi pers dilakukan perusahaan ketika mengumumkan produk baru, hak paten, merger atau akuisisi, usaha filantropi dan perubahan manajemen. PT Astra Honda Motor (AHM), perusahaan manufaktur dan distribusi sepeda motor terbesar di Indonesia melakukan konferensi pers bahwa PT Astra Honda Motor akan menggelar kejuaraan balap motor one-make-race yang diberi nama “20 Million Honda Racing Championship 2007”. Melalui kejuaran ini, Honda ingin mengembangkan kemampuan para pembalap-pembalap muda yang ada di Indonesia. Honda berkeinginan untuk melatih para pembalap muda agar bisa mencapai tingkat kejuaraan nasional dan tujuan akhirnya adalah membawa pembalap motor Indonesia ke tingkat internasional.


Kegiatan pelayanan masyarakat dapat digunakan untuk menciptakan citra baik perusahaan terhadap masyarakat, mulai dari pelayanan pendidikan, kesehatan sampai bakti sosial dengan memberikan sumbangan kepada masyarakat sekitar. “Sebagai perusahaan yang sudah tumbuh  dan berkembang bersama masyarakat Indonesia selama lebih dari 70 tahun, unilever memiliki komitmen untuk turut mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat indonesia. Kegiatan Joint Social Activity ini merupakan salah satu wujud misi tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat. Kami berharap kegiatan edukasi khususnya di bidang kesehatan dan kebersihan di SDN 1 Baros Pandeglang ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, sekaligus memupuk tali silaturahmi antara karyawan Unilever dan Indomaret dengan anggota masyarakat sekitarnya.” kata Randolf Simangunsong.

Demikian pula Toyota dengan peduli anak sekolah memberikan peralatan sekolah kepada anak-anak SD.


Media identitas meliputi logo perusahaan, brosur,, kartu nama, alat tulis, formulir, amplop, budaya perusahaan dan bangunan. Media identitas berfungsi memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat dengan lebih cepat. Gudang Garam menggunakan logo dan tulisan yang terpampang pada balon udara. 


GAMBAR 1 Identitas Gudang Garam pada balon udara


Penempatan produk dalam iklan layanan masyarakat di televisi atau media cetak merupakan praktik yang tumbuh dengan cepat, khususnya untuk memberikan citra positif masyarakat terhadap produk atau perusahaan tersebut. Fortune Indonesia menampilkan iklan layanan masyarakat tentang tenaga kerja Indonesia dengan tema “Komoditi berharga yang tidak dihargai”.


Hubungan karyawan merupakan hal yang sangat penting sebagai hubungan investor dan masyarakat. Aktivitas hubungan karyawan menyediakan dukungan secara organisasi untuk menghormati pekerjaan dan kehidupannya. Hubungan karyawan mencakup aktivitas pemberitaan internal. Program pelatihan dan pengembangan, program bantuan karyawan dan program sumber daya manusia.


Perencanaan humas mencakup hal-hal berikut ini; menetapkan sasaran humas, memilih pesan-pesan dan wahana-wahana yang layak dan mengevaluasi hasil-hasil humas. Hubungan masyarakat dipadu periklanan yang sukses di Indonesia adalah publikasi kembar dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Demikian pula Suzuki APV, Rinso dengan jemuran terpanjang dan Lifebuoy dengan Berbagi Sehat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar