Sabtu, 17 April 2021

STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK

Produk merupakan bauran pemasaran yang paling mendasar, produk tidak hanya objek fisik, tetapi merupakan seperangkat manfaat atau nilai yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan, baik manfaat secara fungsional, psikologis maupun sosial. Produk meliputi kualitas, keistimewaan, desain, gaya, keanekaragaman, bentuk, merek, kemasan, ukuran, pelayanan, jaminan, dan pengembalian. Pemasaran dapat dibangun dari keunggulan elemen-elemen produk tersebut.


KUALITAS

Kualitas didefinisikan oleh pelanggan. Kualitas merupakan seberapa baik sebuah produk sesuai dengan kebutuhan spesifik dari pelanggan. Kualitas meliputi kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, daya tahan dan keandalan. Kualitas kinerja mengacu pada tingkat dimana karakteristik produk itu beroperasi. Kualitas kesesuaian merupakan tingkat di mana semua unit yang diproduksi identik dan memenuhi spesifikasi sasaran yang dijanjikan. daya tahan adalah suatu ukuran usia operasi produk yang diharapkan dalam kondisi normal dan/atau berat. Adapun keandalan merupakan ukuran satu produk tidak akan rusak atau gagal dalam suatu periode waktu tertentu.


Jam TUDOR menampilkan kualitas jam yang hydronaut, Steel Case, Self Winding Movement, dan Waterproof sampai kedalaman 200 meter.


GAMBAR 1 Iklan Jam TUDOR


KEISTIMEWAAN (FITUR)

Keistimewaan merupakan karakteristik yang melengkapi fungsi dasar produk. Menjadi yang pertama memperkenalkan keistimewaan baru merupakan cara bersaing yang sangat efektif. Iklan Indosat 3.5G Broadband ini menampilkan keistimewaan menggunakan layanan akses internet hingga 18 Mbps yang pertama di Indonesia.


GAMBAR 1.1 Iklan Indosat


DESAIN

Desain merupakan totalitas keistimewaan yang mempengaruhi cara penampilan dan fungsi suatu produk dalam hal kebutuhan pelanggan. Iklan Kijang Innova menampilkan desain yang menawan. 

GAMBAR 1.2 Iklan Kijang Innova


GAYA

Gaya menggambarkan penampilan dan perasaan itu bagi pelanggan. Honda Revo menggunakan gaya untuk menampilkan iklannya. 


GAMBAR 1.3 Iklan Revo


KEMASAN

Produk fisik atau berwujud membutuhkan kemasan agar tercipta manfaat-manfaat tertentu seperti misalnya perlindungan, kemudahan, manfaat ekonomi, dan promosi. Para pemasar sebaiknya mengembangkan suatu konsep pengemasan dan kemudian mengujinya dari segi fungsi dan psikologi agar tercapai tujuan yang ingin diraih, serta sesuai dengan kebijaksanaan atau peraturan pemerintah. Kemasan harus menarik perhatian karena kemasan menggambarkan citra merek.


Kemasan harus dapat memberikan informasi struktur produk, manfaat, dan informasi tambahan, sehingga mendorong konsumen untuk mencoba membeli, membeli ulang dan menyediakan cara pemakaian produk. Pembentukan kemasan yang baik harus memiliki empat keistimewaan. untuk mengevaluasi empat keistimewaan kemasan-kemasa tersebut, dapat digunakan model VIEW (Visibility, Information, Emotional appeal, Workability).

Visibilitas (visibility) terkait dengan kemampuan untuk menarik perhatian misalnya warna cerah, ukuran, grafik dan bentuk yang baru., seperti kemasan Bodrex berwarna merah mencolok, sedikit warna hitam dengan tulisan bodrex berwarna putih serta tulisan “Meringankan sakit kepala dan sakit gigi” berwarna hitam.



GAMBAR 1.4 Aspek visibilitas dalam kemasan bodrex


Informasi (information) berhubungan dengan instruksi pemanfaatan produk, berbagai keunggulan, slogan-slogan, serta informasi tambahan yang dituliskan pada kemasan. Kemasan Mie Sedaap Instant produksi dari Wing’s yang Mantap kari Ayamnya, memuat cara penyajian dan memuat slogan “Jelas Terasa Sedapnya”.


GAMBAR 1.5 Aspek informasi dalam kemasan Mie Sedaap


Kemasan juga harus mempunyai daya tarik emosional (elegan, prestige, keceriaan, lucu, nostalgia, menarik dan sebagainya) seperti yang dilakukan oleh Pond’s sebuah kemasan yang membuat Pond’s age miracle menjadi lebih menarik secara emosional.


GAMBAR 1.6 Aspek Emotional appeal dalam kemasan Ponds


Kemampuan kerja (workability) harus mampu ditampilkan oleh kemasan. Kemampuan kerja dapat berupa kemampuan melindungi isi produk kemudahan penyimpanan, kemudahan menggunakan produk, perlindungan terhadap kerusakan serta ramah lingkungan. Kemasan Frisian Flag menampilkan kinerja yang mampu memuat susu segar yang lebih besar, yaitu 800 ml. Kemasan Frisian Flag mempunyai kemampuan untuk melindungi isi produk dalam jangka waktu yang relatif lama, mudah disimpan dan mudah digunakan. Kemasan Frisian Flag juga mampu melindungi dari kerusakan dan ramah lingkungan.


GAMBAR 1.7 Aspek Workability


Di samping itu, produk fisik perlu juga label untuk kepentingan identifikasi, penentuan jenjang, uraian penjelasan serta promosi. Pada umumnya setiap undang-undang menetapkan peraturan agar produsen mencantumkan informasi tertentu pada label tentang produk untuk kejelasan dan perlindungan konsumen.


PELAYANAN

Perusahaan apapun harus menyusun dan mengembangkan jasa pelayanan pada pelanggan yang memang diingini oleh para pelanggannya. Jasa pelayanan ini juga harus efektif dalam memenangkan persaingan. Jadi, disini beberapa keputusan harus diambil, seperti keputusan tentang jenis pelayanan pokok yang akan ditawarkan, seberapa lengkap setiap pelayanan akan disajikan, serta bentuk masing-masing pelayanan tersebut.


Kunci keberhasilan dalam persaingan sering terletak pada penambahan pelayanan yang menambah nilai dan meningkatkan kualitasnya. Pembeda layanan utama adalah kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan, pelanggan, keluhan, dan penyesuaian, masalah kredit, pemeliharaan, bantuan teknis dan informasi bagi konsumen.


Hal ini juga didukung oleh survey dari US News and World Report, bahwa pelanggan pindah dari satu perusahan ke perusahan lain 69% disebabkan oleh pelayanan karyawan yang kurang baik. Produk yang tidak sesuai hanya menempati urutan kedua, yaitu 12%, harga hanya 10% kemudian lokasi hanya 9%.





“Allah mengasihi orang yang mudah dalam penjualan, pembelian, pelunasan dan penagihan. Barang siapa memberi penangguhan kepada Orang yang dalam kesusahan (untuk membayar hutang) atau membebaskannya maka Allah akan menghisabnya dengan penghisaban yang ringan. Barang siapa menerima kembali pembelian dari orang-orang yang menyesali pembeliannya, niscaya Allah membatalkan (menghapus) kesalahannya pada hari kiamat.” (Sabda Rasulullah SAW).


Garuda Indonesia merupakan perusahaan yang berusaha meningkatkan pelayanan dengan e-travel, yang meliputi e-payment, e-asy booking, e-ticket, e-asy check in dan e-njoy flight. 

Adira Finance dan Federal International Finance (FIF) sebagai Top Brand kategori pembiayaan sepeda motor menggunakan pelayanan sebagai keunggulan bersaingnya, bukan strategi harga murah. Adira Finance sukses dengan kemampuan membangun jaringan yang luas, memiliki 240 cabang yang melayani lebih dari 1,5 juta pelanggan, melayani dengan baik melalui kemudahan, keamanan, dan menguntungkan serta didukung dengan teknologi informasi. Adapun Federal International Finance, selain membangun jaringan yang luas (130 cabang dan 250 cabang pembantu), melakukan proses pelayanan mulai dari pengajuan kredit sampai persetujuan kredit dalam waktu hanya 170 menit. Pelayanan lainnya adalah kemudahan pembayaran pelanggan yang jauh dari kantor cabang dapat melalui kantor pos dan pembayaran angsuran dapat melalui ATM atau melalui dealer yang terdekat dengan pelanggan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar