Kamis, 15 April 2021

STRATEGI PENENTUAN POSISI (POSITIONING)

 Pembidikan pasar ini menentukan pesaing perusahaan. Perusahaan harus meneliti posisi pesaing dan memutuskan posisinya yang terbaik. Penentuan posisi adalah tindakan untuk merancang suatu citra perusahaan serta nilai yang ditawarkan sehingga pelanggan dalam suatu segmen memahami dan menghargai kedudukan perusahaan dalam kaitannya dengan pesaing. Tugas penentuan posisi terdiri dari tiga langkah, mengenali keunggulan bersaing yang mungkin untuk dimanfaatkan, memilih yang paling tepat dan secara efektif, mengisyaratkan kepada pasar tentang posisi yang dipilih perusahaan. Strategi penentuan posisi produk perusahaan kemudian akan memungkinkan perusahaan beranjak ke langkah berikutnya, yaitu merencanakan strategi pemasaran bersaingnya. Penentuan posisi dapat dikelompokkan menjadi penentuan posisi menurut nilai, menurut pesaing, menurut manfaat, menurut penggunaan, menurut pemakai, menurut kategori produk, dan menurut atribut.


PENENTUAN POSISI MENURUT NILAI

Penentuan posisi menurut nilai adalah memposisikan produk sebagai pemimpin dalam menawarkan nilai terbaik. Nilai dipengaruhi kualitas dan harga. Pertamina dengan oli MESRAN menawarkan kualitas produk yang mempunyai kemampuan memproteksi mesin. Oli tersebut juga mendapat sertifikat mutu dari lembaga sertifikasi internasional. Selain itu, oli ini dikemas secara elegan yang menambah nilai bagi konsumen yang dibidik nya sehingga konsumen diharapkan merasa puas. Dengan komunikasi pemasaran yang integral, akhirnya oli MESRAN menjadi merek Top di Indonesia.


Demikian pula dengan merek Polytron untuk audio, memposisikan produk dengan kualitas suara dan kualitas layanan purna jual untuk memberi nilai pada konsumennya. Beberapa penghargaan telah diperoleh antara lain The Best Seller 2005 for Audio Home System dan GFK Certified Indonesia. Polytron selalu meningkatkan kualitas dengan inovasi melalui riset dan pengembangan tanpa henti.


GAMBAR 1 Iklan Polytron



PENENTUAN POSISI MENURUT PESAING

Penentuan posisi menurut pesaing adalah memposisikan produk sebagai terbaik dibanding pesaingnya. Tiga ROda sebagai Top Brand semen di Indonesia melakukan penentuan posisi menurut pesaing dengan slogan iklannya “Kokoh Terpercaya”. 


PENENTUAN POSISI MENURUT MANFAAT

Penentuan posisi menurut manfaat adalah memposisikan produk sebagai pemimpin dalam suatu manfaat tertentu. ProXL menggunakan strategi ini dengan slogan “Tak Hanya Bicara”.


PENENTUAN POSISI MENURUT PENGGUNAAN

Penentuan posisi menurut penggunaan adalah memposisikan produk sebagai alat yang terbaik dalam penggunaan tertentu. Busi NGK merupakan Top Brand Indonesia memposisikan produk yang Ramah lingkungan, Bebas Polusi dan Pembakaran Optimal.


PENENTUAN POSISI MENURUT PEMAKAI

Penentuan posisi menurut pemakai adalah memposisikan produk sebagai yang terbaik untuk kelompok tertentu. Swatch adalah jam tangan gaya remaja. Walt Disney tempat orang-orang bersemangat. Astra Credit Company (ACC) sebagai Top Brand pada kategori Leasing di Indonesia melakukan penentuan posisi menurut pemakai.


PENENTUAN POSISI MENURUT KATEGORI PRODUK

Penentuan posisi menurut kategori produk adalah memposisikan produk sebagai pemimpin dalam kategori produk. PROMAG menggunakan strategi ini untuk penentuan posisinya.


PENENTUAN POSISI MENURUT ATRIBUT

Penentuan posisi menurut atribut adalah memposisikan produk berdasarkan atribut atau sifat, misalnya ukuran, keberadaan, kedudukan, lambang, dan sebagainya. Shar-e card memposisikan dirinya di benak konsumen sebagai kartu debit berdasarkan prinsip syariah yang tersebar luas di Indonesia, karena dapat diperoleh di setiap kantor pos dengan hanya Rp. 125.000,- dengan menggunakan slogan “cara mudah berbagi hasil”


PENENTUAN POSISI MENURUT TEKNOLOGI

Penentuan posisi menurut kategori produk adalah memposisikan produk sebagai pemimpin dalam teknologi. TV SHARP AQUOS memposisikan produknya sebagai pesawat televisi unggulan dengan teknologi tinggi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar