Senin, 04 Januari 2021

ORIENTASI PERUSAHAAN

Perusahaan dapat memilih enam konsep untuk melaksanakan kegiatan pemasarannya, yaitu konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran kemasyarakatan dan konsep pemasaran strategis.


KONSEP PRODUKSI

Konsep produksi menyatakan bahwa konsumen menyukai produk yang tersedia di banyak tempat dan selaras dengan kemampuannya. Konsep produksi memusatkan perhatian pada usaha-usaha untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi dan distribusi yang luas. Perusahaan-perusahaan Jepang seperti Sony, Toyota, Honda, dan Suzuki menggunakan strategi ini.

KONSEP PRODUK

Konsep produk menyatakan konsumen menyukai produk yang berkualitas dan prestasi paling baik. Konsep produk memusatkan perhatian pada usaha untuk menghasilkan produk yang unggul dan terus-menerus menyempurnakannya. Perusahaan seperti IBM, Intel, General Motor menggunakan strategi ini.

KONSEP PENJUALAN

Konsep penjualan menyatakan bahwa konsumen membeli produk jika perusahaan melakukan promosi dan penjualan yang menonjol. Strategi ini digunakan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi, alat-alat olah raga, makanan suplemen dan sebagainya (barang yang kurang dipikirkan pembeli).

KONSEP PEMASARAN

Konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci meraih tujuan perusahaan adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Pada tabel 1.2 terlihat bahwa pemasaran bersandar pada empat pilar, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terintegrasi, dan profitabilitas. Perusahaan-perusahaan yang menerapkan strategi ini antara lain perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (Mcdonald, Procter & Gamble, Apple Computer, Walmart, American Airlines, Marriott Hotels, Disney). Perusahaan Jepang (Sony, Toyota, Canon) dan perusahaan-perusahaan Eropa (Ericsson, Mark & Spencer, Ikea, Club Med, Bang & Olufsen).

KONSEP PEMASARAN KEMASYARAKATAN

Konsep pemasaran kemasyarakatan menyatakan bahwa tugas organisasi adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dan mempertahankan serta mempertinggi kesejahteraan masyarakat. Perusahaan yang menganut strategi ini di Amerika Serikat adalah The Body Shop, Amway dan Ben & Jerry.

KONSEP PEMASARAN STRATEGIS

Konsep pemasaran strategis adalah konsep pemasaran yang mengubah fokus pemasaran dari pelanggan atau produk ke pelanggan dalam konteks lingkungan eksternal yang lebih luas. Konteks pelanggan eksternal yang lebih luas, menyangkut persaingan, kebijakan dan peraturan pemerintah serta kekuatan-kekuatan makro, ekonomi, sosial-budaya, demografi, hukum-politik dan teknologi. Perubahan lainnya adalah dalam hal tujuan pemasaran, yaitu dari profitabilitas menjadi keuntungan pihak yang berkepentingan. Pihak yang berkepentingan merupakan individu dan kelompok yang mempunyai kepentingan dalam kegiatan perusahaan, meliputi pelanggan, karyawan, manajemen, masyarakat dan pemerintah.


TABEL 1.2 Empat pilar dalam pemasaran


KONSEP

Penjualan

Pemasaran

Pemasaran strategis

Titik Awal

Pabrik

Pasar Sasaran

Visi dan Misi

Fokus

Produk

Kebutuhan Pelanggan

Kebutuhan Semuanya

Sarana

Penjualan dan Promosi

Pemasaran yang terintegrasi

Pengetahuan dan Pengalaman

Akhir

Keuntungan melalui volume penjualan

Keuntungan melalui kepuasan pelanggan

Keuntungan melalui kepuasan semuanya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar