APERSEPSI
Membuat manipulasi gambar raster menggunakan fitur efek http://www.belajarcoreldraw.co/2015/02/efek-halftone-di-coreldraw-pengganti.html?m=0 |
A. MANIPULASI GAMBAR RASTER
Grafis saat ini sangat memegang peranan khususnya dalam membantu pekerjaan eiditng, misalnya menggandakan, menggambar ulang, memperbaiki kualitas layout, menggabungkan gambar dengan foto, dan sebagainya. Dengan desain yang mengesankan akan dapat membuat semua orang akan tertarik melihat iklan yang ditawarkan. Kreasi grafis saat ini memegang peranan yang sangat vital dalam dunia promosi sebab dengan adanya desain yang mengesankan akan dapat membuat semua orang tertarik melihat iklan yang ditawarkan. Salah satu teknik yang digunakan dalam membuat desain adalah manipulasi gambar raster menggunakan fitur efek pada CorelDraw.
Coba amatilah desain - desain baik yang berupa foto, iklan, dan leaflet yang bersifat outdoor maupun indoor di sekitar anda. Semua itu didesain melalui perangkat lunak desain grafis salah satunya adalah CorelDraw.
Membuat Undangan
Berikut ini kita akan membuat undangan menggunakan fitur efek. Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
Tentukan posisi halaman, pilihlah pengaturan orientasi halaman portrait atau landscape
Background yang sesuai (dapat dilakukan dengan cara mengimport master atau membuat kreasi sendiri)
Membuat teks artistik
Desain Brosur atau Leaflet
Brosur atau leaflet merupakan salah satu media promosi yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promotif. Brosur memuat data yang lengkap dengan disertai gambar ilustrasi sebagai pendukungnya. Untuk membuat brosur tersebut terdapat langkah-langkah yang dilakukan.
Langkah pertama
Langkah pertama adalah membuat background dengan menu page background. Cara untuk membuat background adalah :
Klik menu page layout kemudian klik page setup
Akan muncul kotak dialog page setup, kemudian pilihlah landscape dengan paper Custom, isilah width 330 mm dan height 210 mm atau sesuai kebutuhan
Setelah itu klik layout dan pilih page background. Pilih bitmap lalu klik browse. Ambil gambar bitmap yang diinginkan dari penyimpanan komputer.
Langkah kedua
Langkah kedua yang harus dilakukan adalah membuat background kedua dengan interactive transparency tool. Berikut ini merupakan langkah-langkah membuat background kedua yaitu :
Buatlah kotak dengan bantuan rectangle tool, berilah warna dari texture fill dialog
Tempatkan pada posisi di tengah-tengah
Untuk membuat efek transparan pada kotak, klik interactive transparency tool pada toolbox
Lalu klik objek aturlah transparency-nya sesuai keinginan dan tekan tombol Esc pada pasteboard untuk menormalkan kembali. Langkah terakhir dari pembuatan brosur ini adalah pengetikan teks yang ingin disampaikan kepada orang lain.
B. EVALUASI PEMBUATAN DESAIN BERBASIS GAMBAR BITMAP
Dalam evaluasi kita membutuhkan metode yang digunakan agar hasil desain yang kita buat lebih maksimal. Untuk itu kita akan mengevaluasi bagaimana cara pembuatan sampai, efek apa yang digunakan sampai dengan proses finishing.
Evaluasi Desain Brosur atau leaflet
Brosur atau leaflet merupakan salah satu media yang bersifat promotif. Kriteria brosur adalah sebagai berikut :
Memuat 3 tipe background, di mana salah satunya harus diformat melalui page background
Salah satu background menggunakan interactive transparency tool untuk membuat efek transparan
Mengandung beberapa teks panjang yang dapat di-copy dari Microsoft Word
Menggunakan fasilitas fountain fill dialog untuk gradasi
Memuat salah satu fasilitas tekstur dari texture fill dialog
Menggunakan media edit teks
Menggunakan fasilitas drop cap atau huruf besar di awal paragraf
Membuat garis dengan interactive connector tool
Tata cara membuat brosur atau leaflet adalah sebagai berikut.
Tetapkan dengan jelas tujuan utama sebuah brosur
Menetapkan tujuan yang jelas akan memberikan arahan yang tepat bagaimana sebuah isi dan desain brosur tersebut.
Carilah ide kreatif tentang desain dan informasinya
Ambillah berbagai bentuk brosur yang pernah ada. Semua contoh brosur tersebut akan membantu Anda menciptakan ide kreatif yang dapat dikembangkan sendiri.
Cantumkan manfaat dan kelebihan produk atau jasa.
Satu contoh bila suatu kantor membutuhkan perangkat komputer untuk menjalankan aktivitas bisnisnya, komunikasikanlah layanan dan produk tersebut sedemikian rupa sehingga konsumen yakin dengan produk yang ditawarkan.
Berikan sesuatu yang mudah diingat dan bernilai.
2. Evaluasi Membuat Undangan
Saat ini undangan sangat marak model dan ragam desain grafisnya. Semua itu didesain melalui CorelDraw. Apabila Anda mampu menguasai program ini, Anda dapat mensetting sebuah undangan yang dapat dijual atau Anda dapat menjadi setter dan membuka usaha offset atau percetakan di rumah. Untuk membuat undangan diperlukan ketelitian yang tinggi dan membutuhkan waktu yang lama, serta kerumitan yang tinggi.
C. KARAKTERISTIK PENGGABUNGAN GAMBAR VEKTOR DAN BITMAP
Gambar bitmap yang sudah kalian buat seperti materi di atas dapat digabungkan menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan. pada materi di bawah ini kita akan menggabungkan dua buah gambar (bitmap) ke dalam sebuah objek vektor. Dalam hal ini, Penulis menggunakan software CorelDraw.
Tahap Awal
Dalam penggabungan gambar diperlukan beberapa tahap untuk membuatnya. Berikut beberapa tahap untuk membuat penggabungan 2 gambar vektor dan bitmap ke dalam satu gambar.
Menyiapkan software penggabungan
Hal yang pertama kita lakukan adalah menyiapkan software untuk nantinya digunakan sebagai piranti menggabungkan 2 buah gambar bitmap dan vektor.
Membuka halaman baru
Jika sudah terinstal dengan baik atau sudah memiliki softwarenya, segera saja buka software tersebut. Sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut. Klik New Blank Document atau juga bisa close tampilan pop up tersebut lalu tekan Ctrl + O pada keyboard.
Memasukkan gambar
Apabila halaman muncul, masukkan gambar bitmap yang akan digabungkan menjadi satu.
2. Tahap Menggabungkan Gambar
Tahap ini masuk kedalam tahap penggabungan gambar dimana nantinya 2 jenis gambar yaitu vektor dan bitmap akan menjadi 1. Berikut adalah tahapannya.
Menggabungkan gambar
Setelah tahap awal sudah dilakukan, kemudian masukkan kembali gambar bitmap kedua yang akan kita gabungkan menjadi satu pada gambar yang pertama. Copy dari windows explorer lalu Paste ke dalam halaman CorelDraw.
copy gambar dari explorer https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
Memilih menu
Pilih tool pen yang akan kita gunakan untuk menyeleksi tampilan layar hape untuk memasukkan gambar bitmap kedua. Kemudian klik tool tersebut
Seleksi gambar
Mulailah menyeleksi atau membuat vektor sesuaikan dengan bentuk dari tampilan hape dalam gambar tersebut. Mulai dan akhiri seleksi dalam satu titik. Dalam menyeleksi lebih baik untuk tidak terputus, karena dikhawatirkan akan sulit untuk menggabungkan gambar bitmap kedua dalam vektor yang sudah dibuat.
seleksi gambar https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
Perubahan pada gambar bitmap menjadi vektor
Apabila telah selesai diseleksi keseluruhan tampilan layar hape tersebut, maka akan terlihat garis berwarna hitam di atas gambar bitmap pertama tadi. Garis-garis hitam tersebut dinamakan vektor.
vektor https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
3. Menyiapkan Gambar Kedua
Apabila bentuk vektor yang sudah kalian buat sudah tepat berdasarkan “layar hape” pada gambar, segera siapkan gambar bitmap kedua untuk diaplikasikan pada vektor tadi. Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :
Memasukkan gambar kedua
Tarik gambar bitmap kedua dengan menggunakan kursor mouse sebelah kiri. Sambil meng-klik gambar anak panah dengan klik kiri, lalu geserlah tepat di atas vektor yang telah dibuat sebelumnya. kemudian, pilih Power Clip Inside.
Gabungan gambar vektor dan bitmap
Apabila kalian sudah melakukan klik Power Clip Inside, otomatis gambar bitmap dua tadi akan masuk ke dalam objek vektor yang telah dibuat sebelumnya.
penggabungan 2 gambar https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
Mengedit konten
Langkah selanjutnya adalah, klik kembali vektor tadi dengan masih menggunakan klik kiri lalu pilih Edit Content.
menu klik contens https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
Menyesuaikan gambar
Di dalam edit contents, kita dapat menyesuaikan gambar bitmap kedua sesuai dengan bentuk objek vektor yang sudah dibuat. Setelah itu putar sedikit ke kanan dan kekiri. Dicocokkan berdasarkan garis yang berwarna ungu (objek vektor)
objek vektor https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
Finish
Apabila gambar sudah tepat, kalian bisa mengklik menu Finish Editing Object yang terletak pada bagian bawah pojok sebelah kanan.
finish editing object https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
4. Langkah Finishing
Hasil dari finish editing object tadi akan seperti dibawah ini.
penyesuaian ukuran vektor https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
hasil https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
hasil penggabungan https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
Sebelum mengekspor gabungan objek dan bitmap tadi, alangkah lebih baik untuk menggabungkannya menjadi satu menggunakan perintah Group.
menu https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
Untuk mengekspor vektor objek yang sudah dibuat, caranya adalah sebagai berikut :
Klik kanan pada toolbar File lalu, pilih Export atau bisa menggunakan Ctrl + E
menu Ctrl + E https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
Apabila sudha, maka akan muncul tampilan sebagaimana berikut,. Berilah nama sesuai yang kalian inginkan. Setelah itu,klik Export.
klik export https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
Maka akan otomatis muncul pop up sebagai berikut, kalian tinggal klik OK
Setelah itu, akan muncul tampilan pop up seperti ini, kalian langsung klik OK atau dengan menggunakan enter pada keyboard
tekan OK pada keyboard https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
Apabila step exportnya sudah selesai, maka akan kembali seperti pada gambar yang belum kita eksport sebelumnya. setelah itu, bukalah bitmap hasil export di windows explorer sesuai dengan letak folder penyimpanan.
Apabila memang berhasil, maka akan terlihat hasil export menjadi sebuah format gambar Jpeg.
hasil akhir https://www.rurohma.com/2016/06/tutorial-cara-menggabungkan-dua-objek.html |
Download Materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar