Kamis, 03 September 2020

HONDA

Honda Motor Company, Ltd

Sejarah Honda Di Indonesia



Honda Technology Research Institute Company, adalah produsen mmobil, truk, sepeda motor, dan skuter asal Jepang. Mereka juga membuat kendaraan segala medan (ATV), generator listrik, mesin kelautan, dan peralatan taman.
Honda didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda. Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959, dan juga produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit tiap tahun.
Di taraf global, sejarah Honda sebagai salah satu raksasa otomotif sangat panjang dan inovatif dalam perkembangannya. Pada awal pendirian pabrik ini hanya memproduksi sepeda motor saja dan menjadi yang terbesar di dunia sejak 1959. Pencapaian ini diraih Honda karena produk pertamanya, Honda D-Type. Lalu booming dengan model motor skuternya yang ke dua, Juno K-Type pada tahun 1954.

K-Type

                D-Type

Honda kemudian melakukan ekspansi pasarnya ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia pada tahun 1960. Saat itu Honda masuk pasar otomotif Indonesia dan siap mengancam dominasi merek-merek Eropa dan Amerika di Tanah Air. Hingga yang paling diingat, setelah Honda juga telah memproduksi kendaraan roda empat, muncul Honda T360 sebagai model pertamanya yang mengaspal di Indonesia.



Selang beberapa tahun tepatnya pada 1972, Honda meluncurkan model mobil yang nantinya menjadi salah satu mobil legendaris, Civic. Awalnya Honda Civic yang masuk ke Indonesia merupakan versi coupe 2 pintu, namun kemudian menyusul versi hatcback 3 pintu di tahun yang sama.

Dirasa perkembangannya mulai sangat baik, maka didirikanlah PT Imora Motor pada 1974. Kemudian namanya berubah menjadi PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil Honda di Indonesia pada 1999 hingga sekarang. Selanjutnya HPM juga telah mendirikan pabrik pertamnya di Karawang, Jawa Barat pada 2003. Bersamaan dengan itu, pabrik ini kemudian membuat Honda Jazz sebagai model hatchback 5 pintu unggulan mereka.

Bicara soal hatchback, Honda melanjutkan tren positif pada segmen ini. Pada 2011 diluncurkan Hoda Brio yang dibagi dua varian besar, Satya dan RS. Brio Satya dibuat untuk mengisi segmen mobil murah alias Low Cost Green Car (LCGC). Selang dua tahun berikutnya, Honda akhirnya membuat Mobilio untuk mencoba peruntungan di salah satu pangsa pasar otomotif terbesar di Tanah Air, yakni Low MPV.
Berikut beberapa Produk Besutan Honda

  • Mobil

Jajaran produk global Honda saat ini terdiri dari Jazz, Civic, Accord, Insight, CR-V, CR-Z, Legend, dan 2 versi Odyssey, untuk pasar Amerika dan satu untuk pasar Internasional. Fitur dan kelengkapan untuk tiap kendaraan Honda dapat berbeda tergantung negara dan kadang hanya ada di region itu saja. Beberapa di antaranya adalah Honda Odyssey dan Ridgeline di Amerika Utara. Beberapa model ekslusif lainnya adalah hatchback Honda Civic 5 pintu di Eropa. 
Civic adalah salah satu mobil kompak yang dikembangkan dan diproduksi oleh Honda. Di Amerika Utara, Civic nama model mobil Jepang tertua kedua, setelah Toyota Corolla yang diperkenalkan tahun 1968. Civic bersama dengan Accord dan Prelude, adalah mobil-mobil Honda yang dijual di Amerika Utara sampai 1990-an, sampai kemudian mobil-mobil ini dikembangkan. Melalui beberapa generasi, Civic berukuran semakin besar dan pasar meningkat da saat ini menempati tempat di antara Jazz dan Accord. Honda juga memproduksi Honda Civic Hybird, kendaraan listrik hibrida untuk bersaing dengan Toyota Prius. Produk hibidanya yang lain adalah Insight dan CR-Z.

Honda Civic

  • Mesin

Meskipun Honda adalah perusahaan yang memproduksi mesin, namun mereka tak pernah memproduksi mesin V8 untuk kendaraan penumpang. Di akhir 1990-an, Honda mendapat tekanan dari dealernya di Amerika untuk membuat mesin V8. Honda mulai memperhitungkan untuk membuat mesin V8 di pertengahan 2000-an untuk sedan Acura, mobil sport NSX, dan juga truk dan SUV di pasar Amerika. Progam ini ternyata dibatalkan akhir 2008 dengan memperhitungkan aspek lingkungan dan kondisi ekonomi global yang memburuk.

  • Robot

ASIMO merupakan bagian dari progam penelitian dan pengembangan robotika Honda. Program ini dimulai pada tahun 1968 dengan Honda E0 yang kemudian dilanjutkan dengan Honda Seri E dan Honda Seri P. Asimo mempunya bobot 54 kilogram dan tingginya 130 cm, bentuknya seperti seorang astronaut yang mengenakan tas punggung.

ASIMO
 
 

  • Pesawat

Honda juga memproduksi pesawat dengan produk HA-420 HondaJet melalui salah satu divisinya yaitu Honda Aircraft Company.

  • ATV

Honda juga memproduksi All-Terrain Vehicle (ATV)


Source : carmudi.co.id                         Wikipedia

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar