B. PEMBUATAN GAMBAR BERBASIS VEKTOR
Vektor grafis mempresentasikan gambarnya tidak dengan menggunakan pixel, tetapi dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis yang disebut vektor. Sebagai contoh : untuk menggambar lingkaran maka didefinisikan persamaan matematis dari lingkaran sehingga membentuk garis pembatas lingkaran. Di dalam garis pembatas tersebut diberi warna sehingga terbentuklah lingkaran.
Beberapa menu pada CorelDraw X8 dapat digunakan untuk membuat sebuah ilustrasi vektor yang nantinya akan dilakukan proses penambahan beberapa objek seperti teks, simbol maupun efek.
Untuk mengetahui bagaimana cara memanipulasi sebuah objek mari kita simak materi yang akan dibahas berikut.
Menggambar Vektor
Sebelum kita membuat gambar berbasis vektor menggunakan CorelDraw kita harus tahu beberapa cara membuat objek - objek dasar dalam pembuatan desain CorelDraw. Berikut ini beberapa pembuatan objek dasar dalam CorelDraw X8.
Membuat dokumen baru
Langkah - langkah awal dalam membuat objek vektor pada CorelDraw adalah membuka software utama. Berikut ini merupakan cara membuka CorelDraw X8 :
Nyalakan komputer
Tunggu sampai jendela sistem windows tampil pada komputer Anda
Klik Start Menu yang berada pada bagian pojok kiri bawah layar
Geser mouse Anda ke sub menu Program, kemudian akan tampil grup tertentu
Geser mouse Anda ke grup CorelDraw X4, sehingga tampil subgrup CorelDraw
Klik mouse Anda pada pilihan CorelDraw X4, tunggu beberapa saat, setelah proses berhasil maka ditampilkan dialog menu
Klik mouse pada New Graphic bil Anda akan membuat lembar kerja baru
Klik mouse pada Open Last Edited bila Anda akan membuka dokumen paling akhir yang telah Anda buat
Setelah itu klik Open Graphic apabila membuka dokumen yang sudah pernah dibuat sebelumnya
Klik Template bila Anda akan membuat dokumen dari template CorelDraw
Klik Corel Tutor bila Anda akan menjalankan Tutorial COrelDraw
Klik What New bila Anda ingin mengetahui kelebihan terbaru pada CorelDraw
Membuat objek - objek sederhana
Dalam membuat objek kita memerlukan ketepatan pergerakan mouse dan kejelian mata kita dalam membuat sebuah ojek. Objek tersebut memiliki beberapa kotak yang dapat digunakan untuk keperluan seperti memindahkan, memperbanyak ataupun mengedit objek.
Untuk mendapatkan bentuk objek yang diinginkan, ketika membuat objek menggunakan toolbar jangan lupa untuk mengatur masing-masing settingan lewat property bar dari masing - masing toolbar.
Membuat kotak
klik ikon Rectangle Tool
Klik lalu tahan - geser - lepaskan (pada area canvas)
Jika ingin membuat round corner, tekan F10 lalu drag salah satu kotak hitam
Membuat lingkaran
Klik ikon Ellipse Tool
Klik lalu tahan - geser - lepaskan
Membuat polygon
Klik ikon Polygon Tool
Klik lalu tahan - geser - lepaskan
Membuat spiral
Klik lalu tahan ikon Polygon Tool sampai muncul ikon berbentuk spiral
Klik lalu tahan - geser - lepaskan
Membuat star
Klik dan tahan ikon Polygon Tool sampai muncul Star
Klik lalu tahan - geser - lepaskan
Basic shape
Klik ikon Basic Shape
Klik lalu tahan - geser - lepaskan
Kurva
Klik ikon Freehand, Bezier atau Pen
Klik beberapa kali pada area kerja. Khusus pen klik dua kali untuk mengakhiri kurva
Klik pada awal kurva dibuat jika ingin menutup kurva (membuat kurva tertutup)
Mewarnai bentuk
Setelah kita membuat objek sederhana dengan tool-tool di CorelDraw dan telah mempelajari bagaimana caranya menggambar bidang lain di CorelDraw, sekarang kita akan mempelajari bagaimana caranya mewarnai objek-objek yang telah kita buat.
Jenis warna dalam vektor
Warna terdiri dari 2 jenis yaitu
Warna solid atau warna block
Warna solid dalam CorelDraw warna solid/ block dikenal dengan nama uniform fill
Warna gradasi (transisi suatu warna ke warna yang yang lain)
Warna solid dalam CorelDraw gradasi dikenal dengan nama fountain fill.
Sedangkan menurut letaknya ada 2 jenis warna yaitu :
Warna fill (uniform fill)
Warna yang mengisi area objek atau kurva tertutup. Kurva atau objek terbuka tidak dapat diberi warna fill
Warna outline/ line
Warna yang berada di sekeliling objek.
Cara mewarnai objek
Terdapat berbagai macam cara mewarnai objek di CorelDraw namun ada 2 cara yang termudah yaitu :
Melalui Color docker
Untuk mewarna objek melalui color docker, maka klik objek yang akan diberi warna, setelah itu klik salah satu warna yang diinginkan di color docker, default warna yang tersedia dalam color docker adalah skema warna CMYK. Tetapi kita dapat memilih skema warna yang lain seperti RGB, PANTONE, dan skema lain sesuai kebutuhan.
Dalam mewarnai fill objek klik pada warna yang dikehendaki, tetapi apabila ingin mewarnai Outline maka klik kanan pada warna yang di inginkan.
Melalui kotak dialog
Di bawah ini langkah-langkah untuk membuat warna menggunakan kotak dialog sebagai berikut :
Klik “objek” lalu klik icon pada toolbar sehingga muncul pilihan Uniform Fill, fountain Fill dan lain-lain
Pada pilihan Uniform pilih warna yang dikehendaki menurut Models, Mixers atau Palettes. lalu klik OK.
Pada Fountain FIll, pilih tipe gradasi baik itu Linear, Radial, Conical atau Square.
Menghapus warna
Untuk menghapus warna pada objek dengan cara klik pada icon silang yang terdapat pada Color Docker. Sedangkan menghapus warna outline maka cukup klik kanan pada icon tersebut.
2. Mengedit Gambar Berbasis Vektor
Objek dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, terdapat beberapa objek di sekitar kita seperti benda mati, hewan maupun manusia. Untuk membuat objek gambar mari kita mempelajari dasar-dasar dalam pembuatan vektor.
Membuat gambar kurva
Peralatan yang digunakan adalah freehand tool, bezier tool, dan shape tool untuk memodifikasi objek serta fill tool untuk memberi warna terhadap objek yang kita buat.
Cara membuat adalah sebagai berikut :
Klik tombol Bezier Tool di area objek gambar untuk menandai pembuatan titik awal, setelah itu geser mouse, kemudian lakukan klik untuk membuat titik kedua.
Geser mouse ke bawah lalu lakukan klik untuk menandai titik yang ketiga
Lanjutkan pembuatan garis seperti langkah 1 - 2 sehingga kita mendapatkan hasil seperti tampak pada gambar berikut ini
Gunakan shape tool untuk memperbarui tampilan gambar, editlah node-node yang diperlukan
Klik sisi yang akan di edit, lalu klik ikon Convert Line To Curve pada property bar. Ulangi langkah yang sama untuk merubah sisi yang lain.
Untuk membuat bagian atas dari gelas, gunakan Bezier Tool
Edit bagian atas dari gelas tersebut dengan Shape Tool
Untuk membuat gagang gelas, pilih Bezier Tool lalu edit dengan Shape Tool. Tebalkanlah garis gagang dengan line 8,0 pt
Untuk membuat dasar gelas gunakan Ellipse Tool, agar kelihatan hidup gunakan perintah Arrange > Order > pilih To Back
Berilah warna dengan fountain fill dialog dengan tipe linear pada bagian bawah dan bagian atas dengan tipe radial.
RANGKUMAN
Manipulasi foto adalah aplikasi editing gambar teknik untuk foto-foto dalam rangka menciptakan ilusi atau penipuan (berbeda dengan tambahan belaka atau koreksi), melalui cara-cara analog atau digital
Dalam digital editing, foto-foto biasanya diambil dengan kamera digital dan masukkan langsung ke komputer. Transparansi, negatif atau foto dicetak juga dapat didigitalkan menggunakan scanner, atau gambar dapat diperoleh dari database stok fotografi. Dengan munculnya komputer, tablet grafis, dan kamera digital, mengedit gambar jangka mencakup segala sesuatu yang dapat dilakukan untuk foto, baik dalam ruang gelap atau di komputer.
Pada pembuatan media informasi seperti halnya website, eksistensi grafis sudah menjadi suatu kebutuhan. Bahkan, sudah menjadi hal yang konvensional jika suatu website hanya terdapat grafis tanpa adanya animasi, baik animasi berbasis grafis maupun berbasis suara. Tidak dapat dipungkiri lagi, grafis yang menjadi tolak ukur kualitas suatu aplikasi atau website. Hal tersebut menjadi persaingan antar pembuat software terutama perusahaan yang bergerak dibidang grafis, sehingga bermunculan software-software berbasis grafis dengan fitur-fitur (fasilitas) yang canggih, mudah dalam pengoperasian, menarik dan compatible.
Gambar bitmap adalah gambar yang dibentuk oleh sekumpulan titik yang disebut juga pixel (picture element). Titik-titik akan terlihat sebagai sebuah gambar utuh bila kita melihatnya dari jauh. Bila kita melihat gambar tersebut dari dekat atau membesarkannya maka akan muncul sederetan kotak yang berhimpitan. Banyaknya titik akan berpengaruh pada tingkat kejelasan gambar yang sering disebut dengan resolusi.
CorelDraw merupakan salah satu pengolah grafis dengan basis vektor, di mana unsur dasar yang mendasarinya adalah garis. Keuntungan dari vektor ini adalah gambar akan mempunyai ukuran kapasitas file yang relatif kecil apabila dibandingkan dengan pengolah grafis berbasis bitmap. Juga tidak ada penurunan kualitas jika gambar diperbesar.
Vektor grafik merepresentasikan gambarnya tidak dengan menggunakan pixel, tetapi dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis yang disebut vektor. Sebagai contoh : untuk menggambar lingkaran maka didefinisikan persamaan matematis dari lingkaran sehingga membentuk garis pembatas lingkaran. Di dalam garis pembatas tersebut diberi warna sehingga terbentuklah lingkaran.
Beberapa menu pada coreldraw X8 dapat digunakan untuk membuat sebuah ilustrasi vektor yang nantinya akan dilakukan proses penambahan beberapa objek seperti teks, simbol maupun efek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar