Selasa, 15 Desember 2020

TEKNIK MANIPULASI GAMBAR VEKTOR BAGIAN 2

B. PEMBUATAN GAMBAR BERBASIS VEKTOR

Vektor grafis mempresentasikan gambarnya tidak dengan menggunakan  pixel, tetapi dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis yang disebut vektor. Sebagai contoh : untuk menggambar lingkaran maka didefinisikan persamaan matematis dari lingkaran sehingga membentuk garis pembatas lingkaran. Di dalam garis pembatas tersebut diberi warna sehingga terbentuklah lingkaran.

Beberapa menu pada CorelDraw X8 dapat digunakan untuk membuat sebuah ilustrasi vektor yang nantinya akan dilakukan proses penambahan beberapa objek seperti teks, simbol maupun efek. 

Untuk mengetahui bagaimana cara memanipulasi sebuah objek mari kita simak materi yang akan dibahas berikut.


  1. Menggambar Vektor


Sebelum kita membuat gambar berbasis vektor menggunakan CorelDraw kita harus tahu beberapa cara membuat objek - objek dasar dalam pembuatan desain CorelDraw. Berikut ini beberapa pembuatan objek dasar dalam CorelDraw X8.


  1. Membuat dokumen baru

Langkah - langkah awal dalam membuat objek vektor pada CorelDraw adalah membuka software utama. Berikut ini merupakan cara membuka CorelDraw X8 :

  1. Nyalakan komputer

  2. Tunggu sampai jendela sistem windows tampil pada komputer Anda

  3. Klik Start Menu yang berada pada bagian pojok kiri bawah layar

  4. Geser mouse Anda ke sub menu Program, kemudian akan tampil grup tertentu

  5. Geser mouse Anda ke grup CorelDraw X4, sehingga tampil subgrup CorelDraw

  6. Klik mouse Anda pada pilihan CorelDraw X4, tunggu beberapa saat, setelah proses berhasil maka ditampilkan dialog menu

  7. Klik mouse pada New Graphic bil Anda akan membuat lembar kerja baru

  8. Klik mouse pada Open Last Edited bila Anda akan membuka dokumen paling akhir yang telah Anda buat

  9. Setelah itu klik Open Graphic apabila membuka dokumen yang sudah pernah dibuat sebelumnya

  10. Klik Template bila Anda akan membuat dokumen dari template CorelDraw

  11. Klik Corel Tutor bila Anda akan menjalankan Tutorial COrelDraw

  12. Klik What New bila Anda ingin mengetahui kelebihan terbaru pada CorelDraw


  1. Membuat objek - objek sederhana

Dalam membuat objek kita memerlukan ketepatan pergerakan mouse dan kejelian mata kita dalam membuat sebuah ojek. Objek tersebut memiliki beberapa kotak yang dapat digunakan untuk keperluan seperti memindahkan, memperbanyak ataupun mengedit objek.

Untuk mendapatkan bentuk objek yang diinginkan, ketika membuat objek menggunakan toolbar jangan lupa untuk mengatur masing-masing settingan lewat property bar dari masing - masing toolbar.

  1. Membuat kotak

  1. klik ikon Rectangle Tool

  2. Klik lalu tahan - geser - lepaskan (pada area canvas)

  3. Jika ingin membuat round corner, tekan F10 lalu drag salah satu kotak hitam 

  1. Membuat lingkaran

  1. Klik ikon Ellipse Tool

  2. Klik lalu tahan - geser - lepaskan 

  1. Membuat polygon

  1. Klik ikon Polygon Tool

  2. Klik lalu tahan - geser - lepaskan

  1. Membuat spiral

  1. Klik lalu tahan ikon Polygon Tool sampai muncul ikon berbentuk spiral

  2. Klik lalu tahan - geser - lepaskan

  1. Membuat star

  1. Klik dan tahan ikon Polygon Tool sampai muncul Star

  2. Klik lalu tahan - geser - lepaskan 

  1. Basic shape

  1. Klik ikon Basic Shape

  2. Klik lalu tahan - geser - lepaskan

  1. Kurva

  1. Klik ikon Freehand, Bezier atau Pen

  2. Klik beberapa kali pada area kerja. Khusus pen klik dua kali untuk mengakhiri kurva

  3. Klik pada awal kurva dibuat jika ingin menutup kurva (membuat kurva tertutup)


  1. Mewarnai bentuk

Setelah kita membuat objek sederhana dengan tool-tool di CorelDraw dan telah mempelajari bagaimana caranya menggambar bidang lain di CorelDraw, sekarang kita akan mempelajari bagaimana caranya mewarnai objek-objek yang telah kita buat. 


  1. Jenis warna dalam vektor

Warna terdiri dari 2 jenis yaitu 

  1. Warna solid atau warna block

Warna solid dalam CorelDraw warna solid/ block dikenal dengan nama uniform fill

  1. Warna gradasi (transisi suatu warna ke warna yang yang lain)

Warna solid dalam CorelDraw gradasi dikenal dengan nama fountain fill.

Sedangkan menurut letaknya ada 2 jenis warna yaitu :

  1. Warna fill (uniform fill)

Warna yang mengisi area objek atau kurva tertutup. Kurva atau objek terbuka tidak dapat diberi warna fill

  1. Warna outline/ line

Warna yang berada di sekeliling objek.


  1. Cara mewarnai objek

Terdapat berbagai macam cara mewarnai objek di CorelDraw namun ada 2 cara yang termudah yaitu :

  1. Melalui Color docker

Untuk mewarna objek melalui color docker, maka klik objek yang akan diberi warna, setelah itu klik salah satu warna yang diinginkan di color docker, default warna yang tersedia dalam color docker adalah skema warna CMYK. Tetapi kita dapat memilih skema warna yang lain seperti RGB, PANTONE, dan skema lain sesuai kebutuhan.

Dalam mewarnai fill objek klik pada warna yang dikehendaki, tetapi apabila ingin mewarnai Outline maka klik kanan pada warna yang di inginkan.

  1. Melalui kotak dialog

Di bawah ini langkah-langkah untuk membuat warna menggunakan kotak dialog sebagai berikut :


  1. Klik “objek” lalu klik icon pada toolbar sehingga muncul pilihan Uniform Fill, fountain Fill dan lain-lain

  2. Pada pilihan Uniform pilih warna yang dikehendaki menurut Models, Mixers atau Palettes. lalu klik OK.

  3. Pada Fountain FIll, pilih tipe gradasi baik itu Linear, Radial, Conical atau Square.


  1. Menghapus warna

Untuk menghapus warna pada objek dengan cara klik pada icon silang yang terdapat pada Color Docker. Sedangkan menghapus warna outline maka cukup klik kanan pada icon tersebut.


2. Mengedit Gambar Berbasis Vektor

Objek dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, terdapat beberapa objek di sekitar kita seperti benda mati, hewan maupun manusia. Untuk membuat objek gambar mari kita mempelajari dasar-dasar dalam pembuatan vektor.


  1. Membuat gambar kurva

Peralatan yang digunakan adalah freehand tool, bezier tool, dan shape tool untuk memodifikasi objek serta fill tool untuk memberi warna terhadap objek yang kita buat.


Cara membuat adalah sebagai berikut :

  1. Klik tombol Bezier Tool di area objek gambar untuk menandai pembuatan titik awal, setelah itu geser mouse, kemudian lakukan klik untuk membuat titik kedua.

  2. Geser mouse ke bawah lalu lakukan klik untuk menandai titik yang ketiga

  3. Lanjutkan pembuatan garis seperti langkah 1 - 2 sehingga kita mendapatkan hasil seperti tampak pada gambar berikut ini

  4. Gunakan shape tool untuk memperbarui tampilan gambar, editlah node-node yang diperlukan

  5. Klik sisi yang akan di edit, lalu klik ikon Convert Line To Curve pada property bar. Ulangi langkah yang sama untuk merubah sisi yang lain.

  6. Untuk membuat bagian atas dari gelas, gunakan Bezier Tool

  7. Edit bagian atas dari gelas tersebut dengan Shape Tool

  8. Untuk membuat gagang gelas, pilih Bezier Tool lalu edit dengan Shape Tool. Tebalkanlah garis gagang dengan line 8,0 pt

  9. Untuk membuat dasar gelas gunakan Ellipse Tool, agar kelihatan hidup gunakan perintah Arrange > Order > pilih To Back

  10. Berilah warna dengan fountain fill dialog dengan tipe linear pada bagian bawah dan bagian atas dengan tipe radial.



RANGKUMAN


  1. Manipulasi foto adalah aplikasi editing gambar teknik untuk foto-foto dalam rangka menciptakan ilusi atau penipuan (berbeda dengan tambahan belaka atau koreksi), melalui cara-cara analog atau digital

  2. Dalam digital editing, foto-foto biasanya diambil dengan kamera digital dan masukkan langsung ke komputer. Transparansi, negatif atau foto dicetak juga dapat didigitalkan menggunakan scanner, atau gambar dapat diperoleh dari database stok fotografi. Dengan munculnya komputer, tablet grafis, dan kamera digital, mengedit gambar jangka mencakup segala sesuatu yang dapat dilakukan untuk foto, baik dalam ruang gelap atau di komputer.

  3. Pada pembuatan media informasi seperti halnya website, eksistensi grafis sudah menjadi suatu kebutuhan. Bahkan, sudah menjadi hal yang konvensional jika suatu website hanya terdapat grafis tanpa adanya animasi, baik animasi berbasis grafis maupun berbasis suara. Tidak dapat dipungkiri lagi, grafis yang menjadi tolak ukur kualitas suatu aplikasi atau website. Hal tersebut menjadi persaingan antar pembuat software terutama perusahaan yang bergerak dibidang grafis, sehingga bermunculan software-software berbasis grafis dengan fitur-fitur (fasilitas) yang canggih, mudah dalam pengoperasian, menarik dan compatible.

  4. Gambar bitmap adalah gambar yang dibentuk oleh sekumpulan titik yang disebut juga pixel (picture element). Titik-titik akan terlihat sebagai sebuah gambar utuh bila kita melihatnya dari jauh. Bila kita melihat gambar tersebut dari dekat atau membesarkannya maka akan muncul sederetan kotak yang berhimpitan. Banyaknya titik akan berpengaruh pada tingkat kejelasan gambar yang sering disebut dengan resolusi.

  5. CorelDraw merupakan salah satu pengolah grafis dengan basis vektor, di mana unsur dasar yang mendasarinya adalah garis. Keuntungan dari vektor ini adalah gambar akan mempunyai ukuran kapasitas file yang relatif kecil apabila dibandingkan dengan pengolah grafis berbasis bitmap. Juga tidak ada penurunan kualitas jika gambar diperbesar.

  6. Vektor grafik merepresentasikan gambarnya tidak dengan menggunakan pixel, tetapi dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis yang disebut vektor. Sebagai contoh : untuk menggambar lingkaran maka didefinisikan persamaan matematis dari lingkaran sehingga membentuk garis pembatas lingkaran. Di dalam garis pembatas tersebut diberi warna sehingga terbentuklah lingkaran.

  7. Beberapa menu pada coreldraw X8 dapat digunakan untuk membuat sebuah ilustrasi vektor yang nantinya akan dilakukan proses penambahan beberapa objek seperti teks, simbol maupun efek.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar